Jumat, 27 Mei 2011

Hygiene Sanitasi Kapal di KKP Sunda Kelapa


     Sunda Kelapa, KKP Kelas I Tanjung Priok Wilayah Kerja Sunda Kelapa merupakan benteng pertahanan pertama cegah tangkal penyakit, agar penyakit tidak dapat berpindah - masuk maupun keluar - dari wilayah teritorial negara Indonesia. Salah satu bentuk pencegahannya adalah dengan melaksanakan Hygiene Sanitasi Kapal yang secara periodik terus dilakukan oleh Wilayah Kerja Sunda Kelapa.
      Kegiatan yang dilakukan ketika melakukan Hygiene Sanitasi Kapal diantaranya adalah pengawasan kapal dari sumber pencemar, yang meliputi Tempat Sampah; SPAL; Ballast Tank. Pengawasan juga dilakukan terhadap faktor yang dianggap dapat menjadi perantara penyakit di atas Kapal, diantaranya Dek Kapal; Kamar ABK/Penumpang; Kamar Mandi/WC; Dapur; Gudang Makanan. Juga pada kondisi kesehatan dan kebersihan dari ABK Kapal maupun Juru Masak (Koki) Kapal.
      Pengawasan Hygiene Sanitasi Kapal ini dilakukan pada setiap kapal yang merapat di dermaga/kade Pelabuhan Sunda Kelapa. Pada keadaan tertentu tidak hanya dilakukan pengawasan terhadap kapal, tetapi juga melakukan kegiatan sanitasi lainnya, seperti pengambilan sampel air di atas kapal, pengambilan sampel makanan di atas kapal, sampai pelaksanaan keuring bagi ABK-ABK kapal.
      Pada saat pelaksanaannya tentu saja ada hambatan dan rintangan yang harus dihadapi, misalnya kondisi kapal yang kurang aman untuk dinaiki, posisi kapal yang tidak merapat pada kade -sehingga untuk mencapainya harus meloncat dari kapal ke kapal lainya hingga sampai pada kapal yang dituju-. Suka duka tersebut harus dihadapi dengan semangat tinggi untuk mencegah dan meningkatkan derajat kesehatan khususnya di Pelabuhan Sunda Kelapa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar